Home » ONIP 2016 » Ruang Lingkup Produk Inovasi ONIP 2016

Ruang Lingkup Produk Inovasi ONIP 2016

Produk yang dilombakan dapat berupa 1) model/strategi/metode pembelajaran matematika, 2) multimedia pembelajaran berbasis TIK (Komputer/Handphone/Kalkulator) atau 3) alat peraga matematika. Produk inovasi diharapkan dapat bermanfaat untuk penanaman atau penguatan konsep matematika dan mengasah kompetensi abad 21 yang meliputi :

  • keterampilan belajar dan berinovasi, yaitu keterampilan berkreasi dan berinovasi, berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, berkomunikasi dan berkolaborasi.
  • keterampilan teknologi informasi dan media, yaitu literasi informasi, literasi media, dan literasi ICT.
  • Keterampilan hidup dan karir,  yaitu kemampuan untuk bersikap fleksibel dan beradaptasi, inisiatif dan mengarahkan diri sendiri, keterampilan sosial dan antar budaya, akuntabel dan produktif, kepemimpinan dan tanggung jawab.

Produk inovasi harus sesuai dengan jenjang mengajar peserta. Bentuk produk inovasi meliputi:

  1. Model/Strategi/Metode Pembelajaran. Produk inovasi ini wajib dilengkapi dengan:
    • RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan menggunakan produk inovasi tersebut.
    • Video simulasi penerapan model/strategi/metode pembelajaran pada siswa.
      Contoh: Model STAD Berbantuan Pakar Soal untuk Pembelajaran Statistik SMP
  2. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis TIK.
    • Produk multimedia pembelajaran berbasis TIK dapat berupa media bantu mengajar di kelas atau media belajar mandiri.
    • Untuk produk media bantu mengajar di kelas (misal bahan tayang PowerPoint, atau media interaktif seperti GeoGebra, dan lain-lain) wajib menyertakan:
      • RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan menggunakan produk inovasi tersebut.
      • Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa menggunakan multimedia tersebut.
    • Untuk produk berupa media belajar mandiri wajib menyertakan:
      • Video panduan penggunaan media belajar mandiri (dapat menggunakan screencast).
      • Penugasan/ project yang diberikan pada siswa untuk mengukur pencapaian yang diperoleh melalui proses belajar mandiri yang dilakukan menggunakan media tersebut. Kelengkapan project siswa harus tercantum dengan jelas (penjelasan project, lembar kerja siswa, rubrik penilaian project, dan lain-lain).
        Contoh : Pengembangan Media PIPEDI (Pita Pecahan Dinamis) Menggunakan GeoGebra
  3. Pengembangan alat peraga matematika
    • Produk alat peraga matematika dapat berupa produk orisinal atau modifikasi dari alat peraga yang pernah dikembangkan sebelumnya.
    • Produk alat peraga matematika wajib menyertakan:
      • RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan menggunakan produk inovasi tersebut.
      • Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa dalam menggunakan alat peraga matematika tersebut.
        Contoh : Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Debit Air Bagi Siswa SD

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>