Home » ONIP 2017 » Ruang Lingkup Produk Inovasi

Ruang Lingkup Produk Inovasi

Produk yang dilombakan dapat berupa

1. multimedia pembelajaran berbasis TIK (Komputer/Handphone/Kalkulator)
2. alat peraga matematika

Produk inovasi diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu pemahaman konsep atau penguatan konsep matematika dan mengasah kompetensi abad 21 yang meliputi :

  • keterampilan belajar dan berinovasi, yaitu keterampilan berkreasi dan berinovasi, berpikir kritis dan menyelesaikanmasalah, berkomunikasi dan berkolaborasi.
  • keterampilan teknologi informasi dan media, yaitu literasi informasi, literasi media, dan literasi ICT.
  • keterampilan hidup dan karir, yaitu kemampuan untuk bersikap fleksibel dan beradaptasi, inisiatif danmengarahkan diri sendiri, keterampilan sosial dan antar budaya, akuntabel dan produktif, kepemimpinan dan tanggung jawab.

Produk inovasi harus sesuai dengan jenjang mengajar peserta.
Bentuk produk inovasi meliputi:

1. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis TIK.

Produk multimedia pembelajaran berbasis TIK dapat berupa media bantu mengajar di kelas atau media belajar mandiri.

  • Untuk produk media bantu mengajar di kelas (misal bahan tayang PowerPoint, atau media interaktif seperti GeoGebra, dan lain-lain) wajib menyertakan:

a. RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan menggunakan produk inovasi tersebut.
b. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa menggunakan multimedia tersebut.

  • Untuk produk berupa media belajar mandiri wajib menyertakan:

a. Panduan penggunaan media belajar mandiri yang divideokan (dapat menggunakan screencast atau lainnya).
b. Penugasan/project yang diberikan pada siswa untuk mengukur pencapaian yang diperoleh melalui proses belajar mandiri yang dilakukan menggunakan media
tersebut. Kelengkapan project siswa harus tercantum dengan jelas (penjelasan project, lembar kerja siswa, rubrik penilaian project, dan lain-lain).
Contoh : Pengembangan Media PIPEDI (Pita Pecahan Dinamis) menggunakan GeoGebra

2. Pengembangan alat peraga matematika

  • Produk alat peraga matematika dapat berupa produk orisinal atau modifikasi dari alat peraga yang pernah dikembangkan sebelumnya.
  • Produk alat peraga matematika wajib menyertakan:

a. RPP lengkap (minimal untuk satu pertemuan) dengan
menggunakan produk inovasi tersebut.
b. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa
dalam menggunakan alat peraga matematika tersebut.
Contoh : Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Debit Air
Bagi Siswa SD


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>